Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Hmm, orangnya sudah pasti menyenangkan
TheHack3r.com
RSS

Belajar Membaca Suku Kata

Belajar mengenal bentuk huruf serta nama dari huruf-huruf tersebut memang merupakan salah satu langkah awal untuk belajar membaca. Tentu saja anak akan kesulitan belajar membaca manakala belum hafal nama dan bentuk huruf. Akan tetapi jika anak belum menghafal dan mengenal bentuk huruf, jangan dijadikan ini sebagai penghalang, karena proses belajar membaca tetap bisa dan harus dilakukan.
Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperkenalkan anak dengan kata-kata pendek (lebih baik yang terdiri dari 2 suku kata) dan kombinasi dari suku kata terdiri dari dua huruf, yaitu konsonan dan vokal. Misalkan kata “papa, padi, budi” dsb. Kita bisa membantunya dengan membuat alat peraga belajar membaca yang sangat sederhana. Misalkan saja dengan menggunakan kertas karton, kemudian kita potong-potong dengan bentuk kotak dan diatasnya kita tuliskan abjad-abjad yang membentuk suku kata tersebut.
Misalnya kita akan membuat kata budi, kita bisa membuat dua buah kotak, kotak pertama ditulis huruf bu dan kotak kedua huruf di. Dengan suatu improvisasi serta berbagai cara kita dapat menyampaikan pembelajaran kepada anak, dengan dua buah kotak berhuruf bu dan di tersebut (misalkan dengan mengulang-ulang, kita ajak anak bermain dengan tebak2an, dan berbagai permainan dengan kedua kotak tersebut). Dengan cara bermain, niscaya si anak akan cepat dapat mempelajari dan mengenal suku kata - suku kata tersebut.
Jangan menunggu sampai anak bisa mengenal dan menghafalkan bentuk huruf baru diajarkan membaca suku kata. Akan tetapi secara paralel atau bersamaan mari kita kenalkan anak untuk menghafal huruf dan bentuk huruf serta membaca kata dengan suku kata yang sederhana.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar